Selasa, 25 Maret 2008

FORUM ANAK KABUPATEN ACEH BESAR




FORUM ANAK KABUPATEN ACEH BESAR

Sebanyak 48 anak perwakilan dari 23 kecamatan se-Kabupaten Aceh Besar mengikuti Workshop Pembentukan dan Pengesahan Forum Anak yang dilaksanakan di Wisma BBI (Balai Benih Ikan) Kota Jantho dimulai pada 21-23 November 2007. Kegiatan ini melibatkan lembaga pendamping yang terdiri dari Kantor Sosial Kabupaten Aceh Besar, PKPA Aceh dan COTE, kegiatan ini sendiri didukung penuh oleh UNICEF dan Pemda Aceh Besar.

Workshop ini bertujuan untuk menemukan kesepakatan dan merumuskan rencana yang terbaik bagi anak dengan harapan anak-anak yang menjadi perwakilan dari 23 kecamatan ini dapat menyuarakan dan mengekspresikan ide-ide, sehingga permasalahan anak dapat diminimalisir. Workshop ini juga nantinya menjadi jembatan terbentuknya Forum Anak Kabupaten Aceh Besar yang langsung di bawah koordinasi Pemerintah Daerah Aceh Besar.

Menurut Ketua Panitia Bersama, Saifulah Arka dalam laporannya menyatakan, melalui rangkaian proses ini anak-anak dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam mengenai hak anak dan isu-isu anak yang ada di daerahnya masing-masing, secara lebih luas anak juga dapat memainkan perannya untuk terlibat langsung membentuk Forum Anak di Kabupaten Aceh Besar, meningkatkan pengetahuan hak-hak anak baik di lingkungan keluarga dan sekitarnya sekaligus menjadi wadah anak untuk berkiprah menyalurkan potensi dan keilmuannya.

Disahkan Bupati Aceh Besar

Pengesahan Forum Anak Kabupaten Aceh Besar dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Besar, Dr. Tgk. Bukhari Daud M.Ed, bertempat di aula Kantor Bupati Aceh Besar yang dihadiri beberapa dinas terkait Ketua PKK Aceh Besar, Perwakilan UNICEF, Camat Kota Jantho, Kapolsek, Danramil, Kepala Sekolah, Ketua LPA Provinsi dan Manager PKPA Aceh.

Unicef yang diwakili bidang Child Protection, Zubaedi Koteng dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda Aceh Besar yang telah mendukung terbentuknya Forum Anak tersebut yang telah didengungkan oleh anak-anak sejak setahun lalu. Unicef sendiri berkomitmen akan mengawal proses untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi forum anak di 14 Kabupaten/Kota di wilayah NAD dan menindaklanjuti keberadaan forum anak agar anak dapat memberikan inputnya mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk kepentingan terbaik bagi anak.

Bupati Aceh Besar, Bukhari Daud mengungkapkan kebahagiaannya atas terbentuknya Forum Anak Kabupaten Aceh Besar. Beliau menekankan kepada lembaga pendamping untuk tetap melibatkan anak-anak dalam kegiatannya terutama dalam bidang advokasi dan informasi yang bersifat kampanye.

Beliau juga menekankan tiga hal bagi Forum Anak Kabupaten Aceh Besar yakni: satu, melibatkan diri dalam kegiatan hidup sehat dengan melaksanakan program kebersihan baik di lingkungan sekitar maupun di sekolah. Kedua, melestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman pohon di public space secara sukarela. Bibit sendiri dapat disediakan Dinas Kehutanan. Ketiga, memperkuat ukhuwah sesama anak dengan mengadakan kunjungan ke setiap daerah dimana perwakilan anak berada, selain sebagai perekat ukhuwah. Anak juga akan mengenali setiap daerah dan potensi daerah masing-masing.

Dalam pembentukan Forum Anak Kabupaten Aceh Besar, sebelumnya dilakukan beberapa rangkaian kegiatan antara lain; membentuk panitia bersama yang terdiri dari PKPA, Kankesos, CC Jantho dan COTE, melakukan mapping dan identifikasi anak dari setiap kecamatan dan lembaga pendamping, Pelatihan Fasilitator Anak di setiap kecamatan di Aceh Besar, penyusunan silabus FGD (Focus Grup Discussion) dan prakteknya untuk mendiskusikan permasalahan anak, pelaksanaan workshop pembentukan dan pengesahan forum anak Kabupaten Aceh Besar dan nantinya akan dipilih duta anak untuk mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi.

Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) ACEH

Tidak ada komentar: